Rabu, 28 Januari 2009

BIAYA EFEKTIFITAS DARI GRISEOFULVIN KETOKONAZOL ITRAKONAZOL DALAM PENCEGAHAN INFEKSI FUNGAL

Kondisi geografis indonesia yg merupakan daerah tropis dg suhu dan kelembapan yg tinggi akan menumbuhkan tumbuhnya jamur sehingga infeksi, oleh karena itu infeksi jamur menjadi penyakit urutan ke 2 terbanyak dari insiden penyakit kulit.
Keluhan bergantung kpd tingkat ekonomi kehidupan penderita
bila penderita dg ekonomi lemah spt tukangbecak /pembantu rumah tangga penyakit tdk banyak dihiraukan.
Akan tetapi golongan ekonomi menengah ke atas /mengutamakan penampilan maka penyakit ini adalah sesuatu penyakit yg bermasalah.
(bahkan penderita heran kenapa mereka bisa menderita penyakit ini)

GRISEOFULVIN adalah antibiotika bersifat fungistatik . Secara invitro griseofulvin menghambat pertumbuhan berbagai spesies dari microsrorum. Epidermophyton dan trichophyton.
Pd penggunaan peroral griseofulvin diabsorpsi secara lambat.dg memperkecil ukuran partikel. Griseofulvin ditimbun di sel sel terbawah dari epidermis. Sehingga keratin yg baru terbentuk akan tetap dilindungi terhadap infeksi jamur.
Griseofulvin banyak digunakan di puskesmas dan rumah sakit.

griseofulvin tidak dapat digunakan mengobati dermatofitosis krn sudah resisten terhadap penyakit kulit golongan dermatofitosis species.
Griseofulvin tidak dapat mengobati golongan kandida /jamur yg bersifat sistemik/jamur golongan deep mycosis
GRISEOFULVIN : fulcin fungistop griseofort griseofulvin(prafa) mycostop rexavin

KETOKONAZOL merupakan turunan imidazol sintetik dgn struktur mirip miconazol dan clotsimazol.
Ketokonazol merupakan anti mikotik sistemik yg efektif terhadap candida.coccipiodes immitis. Cyptococcus neoformans. Cpsulatum.dermantidis, aspergillus. Dan sporothrix.
ketokonazol menggangu sintesa ergosterol yg merupakan komponen penting pada fungi
ketokonazol bersifat fungistatik

ketokonazol juga akhir akhir ini sudah mulai resisten terhadap beberapa spesies jamur.
Ketokonazol bersifat hepatoksis sehingga sulit untuk digunakan pengobatan jangka panjang spt jamur deepnycosis dan penyakit jamur sistemik.
(sering para dokter lupa akan sifat kandida yg sistemik, diagnosa tertegakkan setelah postmortem)

KETOKONAZOL : anfuhex dermaral dexazol dysfungal fexazol formyco funet fungasol fungoral interzol ketomed lusanoc muzoral mycoderm mycoral mycozid nizol nizoral nofung picamic profungal solinfec sporex thicazol wizol zoloral zoralin zumazol


ITRAKONAZOL merupakan preparat anti mikotik oral baru memiliki spektrum yg luas.
Cara kerja itrakonazol mirip dgn aksi ketokonazol yaitu menghambat sitokrom p_450 depeden dari sistem enzim jamur/fungsi yg mensistesis ergosterol yg merupakan komponen vital membran sel jamur.
Itrakonazol:
terapi jangka pendek: utk kandidiasis vuluovaginalis. Pityriasis versicolor. Dermatomikosis. Fungal keratitis dan kandidiasis mulut.
Terapi jangka panjang: pengobatan onychomycosis histoplasmosis.sporotrichosis. Paracoccidiodomycosis. Blastomycosis sistemik

ITRAKONAZOL sampai sekarang belum resisten dan tidak toksis dan dapat digunakan utk jamur sistemik

ITRAKONAZOL : forcanox fungitrazol furolnok itzol nufatrac sporacid sporanox spyrocon trachon unitrac

dari obat obat tersebut diatas
Hanyalah itrakonazol yg bersifat fungisidal(dapat membunuh spora) tetapi sayang harganya agak mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

DIA MENGETAHUI APA YANG MASUK KE DALAM BUMI DAN APA YANG KELUAR DARINYA. APA YANG TURUN DARI LANGIT DAN APA YANG NAIK KEPADANYA (AL HADID:4)