Minggu, 11 Januari 2009

RESISTENSI DALAM PENGOBATAN TUBERKULOSIS

RIFAMPICIN suatu antibiotika semisintetik yg bersifat bakterisidal. Aktif terhadap bakteri gram positif dan beberapa gram negatif.
RIFAMPICIN : corifam famri lanarif
medirif merimac prolung ramicin rif rifabiotic rifacin rimactane rimactazid rimcure rimstar

ISONIAZID secara actif membunui pertumbuhan BASIL TUBERKULOSIS. Dgn cara menghambat biosintensis/mikolat yg merupakan komponen utama dinding sel mycobacterium tuberkulosis.(isoniazid menyebabkan hilangnya sifat tahan asam pd mikobakterium yg peka)

ETAMBUTOL suatu kemoterapi oral utk mikroorganisme tuberkulosis. Dgm mekanisme menghambat sintesa RNA.

PRAZINAMIT bekerja dlm menghambat pertumbuhan organisme mycobacterium tuberculosis.

RIFAMPISIN bila dikombinasi dgm 1 atau 2 obat diatas,akan merupakan obat pilihan utama dlm tuberkulosis. Utk mengurangi timbulnya resistensi.
RIFAMPISIN dpt dipakai utk mengobati penyakit yg disebabkan oleh bakteri yg telah resisten terhadap antibiotika lain dan peka terhadap rifampisin
PENGAWASAN DALAM MENELAN OBAT SETIAP HARI memiliki resiko tinggi dalam kegagalan pengobatan .bahkan mungkin menimbulkan kekebalan pada obat
BAHKAN utk kasus resistensi pd obat dibutuhkan obat selain obat standart pengobatan TBC. (antara lain seperti CIPROFLOXACIN OFLOXACIN LEVOFLOXASIN dan lainnya turunan obat yang ditemukan dimasa yg akan datang)
BAGAIMANA FLORA USUS YANG TIDAK SEIMBANG AKIBATPENGOBATAN JANGKA PANJANG DENGAN ANTIBIOTIKA? Jawabanya mungkin pada suatu kesempatan posting akan kita lanjutkan.